Kamis, 16 Februari 2012

Ujian (US, UAS, & UAN) serasa CoklaT

Sisa beberapa pekan lagi, Ujian Nasional akan berlangsung diseluruh Indonesia. Bahkan suasana ujian sudah mulai terasa diberbagai sekolah, baik sekolah dasar, sekolah menengah pertama maupun di sekolah menengah atas. Baik guru maupun kamu-kamu yang sedang disibukkan oleh persiapan menghadapi Ujian Nasional. Segala daya 'n usaha dikerahkan demi suksesnya Ujian Nasional 2012. Kegiatan Try Out pun marak dilaksanakan baik oleh lembaga bimbingan maupun sekolah yang bersangkutan sebagai suatu kegiatan pra Ujian Nasional. Nah, bagi kamu-kamu yang sudah mengikuti try out tentunya pasti sudah bisa ngukur kemampuan masing-masing dalam menjawab soal-soal Ujian Nasional nantinya.    Sebagaimana kita maklumi bahwa syarat kelulusan Ujian Nasional 2012 nggak ringan. Nggak ada kata terlambat untuk mempersiapkan diri menghadapinya. Masih ada waktu meski tinggal beberapa pekan lagi. O iya, supaya kamu-kamu nggak merasa terbebani, stres 'n pusing tujuh keliling dalam menghadapi ujian nasional, anggap saja ujian itu seperti coklat gitu, yang selalu dinikmati 'n digemari oleh semua jenjang usia, dari mulai anak-anak sampai nenek-nenek 'n yang pasti enak dong..!!
Oke deh, biar ujian nasional betul-betul terasa seperti coklat, berikut ini kiat jitu yang dapat ditempuh agar kamu-kamu siap 'n tetap percaya diri untuk menghadapi Ujian Nasional.
1).Berdoalah pada Allah Rabbul 'Alamin. Manusia kan hanya bisa merencanakan, Allahlah yang menentukan hasilnya, betul nggak? Manusia nggak berdaya tanpa pertolongan-Nya. Oleh karena itu, rajinlah berdoa 'n memohon kepada Allah  agar Ujian Nasional dapat berjalan dengan lancar 'n mencapai hasil yang memuaskan 'n yang pasti bisa lulus.
2).Cari 'n kumpulkan soal sebanyak mungkin, terutama soal-soal Ujian Nasional tahun-tahun yang sudah lalu, pilih yang sesuai dengan SKL dari uraian tersebut. Kemudian kerjakan soal-soal tersebut sebagai ajang latihan (drill). Diskusikan jawaban kamu dengan teman yang dianggap lebih pinter, atawa diskusikan dengan guru kamu.
3).Hadapilah ujian dengan tenang 'n proporsional (enjoy aja lagi). Ingat bahwa ujian sebagai sesuatu yang harus dihadapi 'n dilalui. Sikap tenang akan memungkinkan kamu menyusun rencana, menentukan strategi 'n menjalaninya dengan senang.
4).Bersikaplah proaktif. Proaktif adalah suatu sikap yang beranggapan bahwa kita sendirilah yang menentukan keberhasilan 'n kegagalan dalam hidup ini, termasuk dalam menghadapi Ujian Nasional. Yakinlah bahwa kerja keras 'n usaha keras yang kamu lakukan akan membuahkan hasil. Dalam menyikapi standar minimal justru yang terbaik adalah kita sendiri membuat patokan standar nilai minimal. Misalnya, menargetkan 6,50 atau 7,01 sehingga yang muncul adalah tantangan 'n bukan beban.
5).Buatlah rencana. Menghadapi ujian dapat diibaratkan sebagai perjalanan menuju sukses. Sebagaimana perjalanan sukses, sudah sepatutnya kita membuat perencanaan. Dari sekian banyak bahan pelajaran yang harus dipelajari dipilah-pilah antara bahan Ujian Nasional dari pusat dengan bahan ujian dari sekolah. Antara bahan kelas satu, kelas dua, 'n kelas tiga, pelajaran hitungan 'n hafalan, sehingga dapat dipelajari dengan teratur 'n sistematis. Model belajar semacam itu dapat meringankan 'n lebih mengefektifkan cara kerja otak kamu. Salah satu hukum otak itu kan dapat bekerja maksimal dengan cara teratur 'n sistematis.
6).Belajar kelompok. Belajar kelompok merupakan salah satu cara yang dapat dipakai para siswa untuk berbagi dengan teman yang lain dalam memecahkan soal 'n saling menguatkan motivasi belajar 'n prestasi. Kamu dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan belajar berkelompok dengan teman di sekolah atawa disekitar tempat tinggal kamu. Melalui diskusi kamu bisa saling tukar informasi, pendapat, 'n berbagai pengalaman. (SUDAH BUKAN SAATNYA LAGI KAMU UNTUK SANTAI-SANTAI DILAPANGAN BERMAIN , INGAT… MENYESAL ITU NGGAK PERNAH DATANG SEBELUM KEJADIAN…., HARI GENE MASIH SANTAI..!!)
7).Efektifkan belajar di sekolah, Masih terdapat siswa yang datang ke sekolah 'n hadir di kelas dengan alakadarnya atawa sekadar hadir, nggak mengoptimalisasikan semua potensi dirinya untuk meraih hasil terbaik dalam daya serap materi maupun prestasinya. Padahal jika dimaksimalkan, niscaya hasilnya akan lebih bagus kalaupun nggak ditambah dengan les-les yang lain di luar jam sekolah. Pada umumnya, para siswa kurang menggunakan kemampuan nalarnya dalam belajar, baru sebatas menghafal. Siswa juga masih kurang untuk bertanya, berdialog bahkan berdebat dengan gurunya. Padahal kemampuan bertanya salah satu upaya untuk memperkuat pemahamaman atawa pengertian 'n keterampilan belajar.
8).Belajar lebih giat. Menjelang Ujian Nasional, kamu harus belajar ekstra ketat. Hal ini mengingat materi pelajaran relatif lebih banyak, mulai materi pelajaran kelas 1 sampai dengan kelas 3 sekolah menengah. Di samping itu, tingkat kesulitan materi lebih tinggi dibanding dengan sebelumnya. Cara belajar yang bisa dilakukan oleh kamu bisa dengan belajar mandiri atawa belajar kelompok. Belajar mandiri, misalnya membaca materi pelajaran sesuai dengan jadwal belajar harian atawa membaca buku-buku yang ada di perpustakaan.
9).Menjaga Kesehatan. Kesehatan merupakan modal utama untuk melakukan aktivitas, termasuk belajar. Untuk itu, kamu harusnya selalu menjaga kesehatan lho, sehingga pada saat Ujian Nasional tubuh dalam kondisi fit, segar, n sehat.
10).Menghindari cara yang tercela. Ada beberapa hal yang mesti dihindari sebelum 'n selama Ujian Nasional yaitu seperti mencari bocoran soal ujian, mencontek, de el el.
11).Menenangkan hati 'n pikiran. Kesiapan dalam pemahaman materi pelajaran perlu didukung oleh ketenangan hati 'n pikiran jernih, sehingga masa ujian akan dilalui dengan riang gembira 'n bersemangat (antusias). Untuk itu, apabila kamu memiliki masalah segeralah selesaikan dengan baik. Di samping itu, jangan banyak pikiran yang bukan-bukan, misalnya merasa khawatir nggak lulus ujian, bingung memilih jurusan di perguruan tinggi atawa masa depan yang suram.
12).Pandai–pandailah memilih soal. Pada saat menghadapi soal, yang penting dilakukan adalah memperhatikan dengan cermat 'n seksama, sehingga soal itu dapat dipahami dengan baik. Jangan sampai kamu salah dalam menafsirkan maksud dari soal tersebut. Secara sepintas tandai lebih dahulu soal yang harus “diamankan 'n diselamatkan” secara pasti. Untuk itu kamu jangan terpaku mengerjakan soal selalu berdasarkan urutan nomor soal, walaupun hal itu nggak salah juga sih. Pilih lebih dahulu mana saja soal yang dianggap mudah 'n pasti dapat dikerjakan dengan baik 'n benar.
13).Hati–hati dalam mengisi lembar jawaban. Ujian Nasional biasanya menggunakan lembar jawaban komputer. Sebelum mengisi jawaban, terlebih dahulu mengisi data pribadi. Misalnya nama, kelas, jurusan, mata pelajaran yang sedang diujikan, de el el. Kekeliruan atawa kelalaian dalam mengisi data pribadi tersebut bisa berakibat merugikan diri sendiri, karena lembar jawaban diperiksa melalui komputer. Cocokkan data pribadi kamu dengan kartu ujian yang ada di atas meja. Di samping itu, bawalah alat-alat tulis yang cukup, sehingga pada saat pelaksanaan ujian bisa bekerja dengan baik.
14).Mohon doa restu dari orang tua. Yakinlah bahwa jika kamu lulus maka orang tua  akan senang 'n bangga, pasti dong..!! Jadikanlah perjuangan menghadapi Ujian Nasional 2012 sebagai ajang untuk mempersembahkan yang terbaik kepada kedua orang tua kita tercinta. Mohon doa restulah pada orang tua agar kamu diberi kemudahan 'n kelancaran. Kedua orang tua kita akan dengan senang mendoakan putra-putrinya yang sedang berjuang menghadapi Ujian Nasional.
Hari-hari yang masih tersedia harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, sehingga mencapai prestasi yang memuaskan, minimal bisa lulus gitu lah. BANYAK orang gagal mencapai keberhasilan karena nggak memiliki berbagai persiapan dalam menghadapi ujian. Untuk itu beberapa tips atawa kiat di atas mengantar kamu-kamu agar berhasil 'n sukses menghadapi ujian nanti. Sebenarnya sih, persiapan yang akan dilakukan nggak jauh berbeda dengan persiapan dalam menghadapi ujian yang lain.
Adapun kesimpulan dari beberapa kiat sukses di atas yaitu memulai dari persiapan diri, persiapan teknis, persiapan materi ujian, 'n pada saat ujian.
Persiapan diri, adalah persiapan yang dimulai dari dalam diri kita sendiri, yang meliputi persiapan fisik 'n persiapan mental. Persiapan Teknis, yaitu persiapan yang berkaitan dengan penyediaan perlengkapan yang akan digunakan dalam ujian nanti, misalnya pena, mistar, penghapus, pensil, 'n peraut pensil. Persiapan Materi Uji, ini merupakan persiapan yang sangat penting dilakukan sejak dini (jauh-jauh hari sebelum ujian) karena persiapan materi uji ini akan menentukan kelulusan kamu.
Pada Saat Ujian
Ada 10 hal yang harus diperhatikan pada saat ujian, yaitu :
1.  Pastikan bahwa kamu nggak lupa membawa kartu peserta ujian.
2.  Pastikan bahwa kamu nggak terlambat datang ke lokasi ujian.
3. Pastikan bahwa kamu nggak lupa membawa perlengkapan ujian, seperti pena, pensil 2B, mistar, penghapus, atawa papan alas.
4. Pastikan bahwa kamu nggak melanggar tata tertib ujian. Kamu bisa dikeluarkan dari ruang ujian jika melanggar.
5.  Pastikan bahwa semua identitas kamu ditulis dengan benar 'n lengkap di lembar jawaban.
6.  Kerjakan soal dengan tenang.
7.  Pusatkan pikiran kamu untuk selalu berkonsentrasi menjawab soal-soal.
8.  Awali semua pekerjaan dengan berdoa kepada Allah.
9. Dahulukan menyelesaikan soal yang dianggap mudah, kemudian baru kamu berusaha untuk menyelesaikan soal yang sulit atawa yang tadi merasa ragu-ragu untuk menjawabnya.
10. 15 menit sebelum waktu ujian berakhir sebaiknya kamu sudah selesai menyelesaikan ujian, agar kamu memiliki waktu untuk mengoreksi ulang mengenai identitas (nama 'n nomor ujian), soal 'n jawaban kamu. (M-Gk)Selamat mengikuti Ujian Nasional, semoga kamu-kamu sukses, diberikan kemudahan, ’n tentunya lulus dengan nilai yang memuaskan.  Amin….

0 komentar:

Posting Komentar